Minggu, 27 Januari 2013

Konsep dan Proses Dasar Designs Logo


Logo adalah sesuatu yang sangat penting dalam perkembangan suatu perusahaan dan organisasi, karena logo sangat mempengaruhi kekuatan suatu brand dari perusahaan tersebut.  Designs Logo tidaklah mudah. Logo yang baik akan tercipta dengan riset yang baik juga. Dalam membuat logo dapat diartikan kita sedang membuat wajah, yaitu wajah suatu perusahaan atau apapun itu yang akan kita buatkan logo. Maka dari itu kita harus membuat logo yang benar benar orisinil dan memiliki personifikasi tersendiri.
Proses proses dasar dalam pembutan sebuah logo yang benar benar harus diperhatikan adalah :

1. Survey

Misalkan ada suatu perusahaan yang meminta anda untuk membuatkan logo. maka yang perlu kita lakukan adalah melakukan survey terhadap perusahaan tersebut. ketahui nama perusahaan itu apa, bergerak di bidang apa, memiliki visi dan misi seperti apa, slogannya apa, lakukan juga interview dengan pemilik perusahaan, keinginannya membuat logo yang seperti apa atau ingin memunculkan sisi yang bagai mana. perihal dasar tersebut sangatlah perlu diketahui agar logo yang kita ciptakan nanti tetap berkaitan dengan product, jasa atau heritage brand dari perusahaan tersebut. dan logo yang kita ciptakan bisa memiliki makna yang melambangkan perusahaan tersebut. dan yang sangat perlu kita perhatikan disini adalah bagaimana nanti logo tersebut bisa lebih cepat dan lebih mudah dalam menyampaikan pesan utama kepada yang melihatnya.

2. Analisa

Selanjutnya kita menganalisa dari hasil survey yang telah kita lakukan. pada tahap ini kita menentukan elemen elemen apa saja yang akan kita gunakan pada pembuatan logo tersebut ( bagi anda yang percaya pada fengsui mungkin ada bisa menyesuaikannya dengan fengsui ), kita juga harus membayangkan di media apa saja nantinya logo tersebut akan terpasang sehingga nanti logo yang dihasilkan bisa flexible dan bisa beradaptasi dengan media tempatnya di pasang. ( misal sebuah logo masih terlihat menarik walau dipasang di tiang listrik yang karatan ). pada tahap ini kita harus bisa benar benar mengerti apa keinginan client. kita juga perlu referensi dari logo logo yang sudah ada, tapi tidak untuk di contek melainkan hanya untuk suatu bayangan dan perbandingan dari logo yang akan kita buat, apakah sesuatu yang kita bayangkan tersebut sudah ada yang memakai atau belum. maka dari hasil survey dan analisa tersebut maka kita bisa mendapatkan konsep dan identitas seperti apa logo yang akan kita buat.

3.Designing

Kemudian saat kita sudah memiliki konsep maka inilah saatnya kita untuk menuangkannya di sebuah media. hal hal dasar yang perlu dipertimbangkan diantaranya :

Bentuk : bentuk ini mungkin suah kita bayangkan sebelumnya pada saat kita menganalisa dan menyesuaikan dengan karakteristik perusahaan tersebut, secara umum logo itu terbagi atas :
  1. Logotype yaitu logo yang menggunakan wordmark ( kata dengan unsur tipografi ),  
  2. Logomark, yaitu logo yang menggunakan icon ( ilustrasi atau inisialisasi ); serta gabungan
  3. Logotype dan Logomark yang menghasilkan tampilan logo komplit. disini kita akan menentukan bagai mana bentuk dari logo yang akan kita buat. apakah akan menggunakan symbol atau tulisan saja ataukah menggabungkan keduanya.

Warna : ini adalah suatu hal yang sangat krusikal. apabila warna yang kita gunakan salah maka bisa bisa pesan dan emosi yang ingin disampaikan dalam logo tersebut menjadi kacau dan rancu. pastikan kita meneliti warna yang akan digunakan, gunakan warna warna yang mudah diingat, usahakan menggunakan dan menggabungkan warna yang eye-catching atau anda bisa menyesuaikan dengan fengsui.

Keseimbangan : yang dimaksud dengan keseimbangan disini adalah mencari dan menentukan, seberapa baik logo yang sudah kita buat, cobalah terus melakukan perkembangan pada logo tersebut sehingga bisa menemukan titik ahkir yang sempurna.

Opini :
sesudah logo tersebut berhasil dibuat, lakukan interaksi dengan si pemesan mintalah pendapatnya dan juga masukan, kemudian tanyakan juga pandangan, kritik dan masukan dari orang lain.Sehingga akhirnya tercipta logo yang benar benar memiliki emosi, cita rasa yang sempurna.
Proses dasar diatas saya pelajari dari berbagi sumber, semoga berguna. apabila ada para suhu yang ingin memberi tambahan, silahkan. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar